Powered By Blogger

Kamis, 22 Desember 2022

Manajemen Peserta Didik

BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Pendidikan yang profesional memiliki tugas utama adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih menilai, dan mengevaluasi peserta didik baik pada satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ataupun pendidikan yang lebih lanjut. Pemahaman konsep dasar PAUD merupakan hal yang snagat penting dikuasai oleh pendidik ataupun tenaga kependidikan PAUD karena merupakan hal mendasar untuk dapat menyelenggarakan pendidikan anak usia dini yang diharapkan dapat melejitkan potensi peserta didiknya. Oleh karena itu, makalah ini berfokus pada pembahasan apa itu pendidikan anak usia dini, tujuan dan ruang lingkupnya serta satuan penyelenggaraan pendidikan anak usia dini.

B.     Rumusan Masalah

1.      Apa Pengertian Manajemen peserta didik Paud

2.      Apa Tujuan manajemen peserta didik Paud

3.      Bagaiman proses manajemen peserta didik Paud

C.     Tujuan

1.      Untuk mengetahui manajemen peserta didik paud

2.      Untuk mengetahui manajemen peserta didik paud

3.      Untuk mengetahui analisis proses manajemen peserta didk paud


 

BAB II

PEMBAHASAN

A.    Pengertian  Manajemen Peserta Didik

Manajemen peserta didik berdasarkan pada dua kata yang, merupakan pengabungan dari manajemen peserta didik. Manajemen sendiri, dalam buku M. manullang yang mengutip pada buku encyclopedia of the social science dikatan bahwa manajemen adalah suatu proses di mana pelaksnaan suatu tujuan  tertentu di selengarakan dan di awasi. Sedangakan peserta didik sendiri iyalah orang yang mempunyai suatu pilihan untuk menempuh ilmu sesui dengan cita cita dan harapan masa depan. Dengan dasar Udang Udang RI No. 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, peserta didik adalah angota  masayrakat yang berusaha dengan mebangkan potensi diri melalui proses pembelajaran yang tersedia pada jalur, jenjang dan jenis pendidikan tertentu

Manajemen peserta didik adalah penataan dan pengaturan terhadap kegitan yang berkaitan denagan peserta didik, mulai dari masuk sampai denagn keluarya peserta didik tersebut dari suatu sekolah. Manajemen peserta didik adalah penataan dan pengantur terhadap kegiatan yang berkaitan dengan peserta didik, mulai dari masuk sampai denag keluar peserta didik tersebut dari suatu sekolah.

B.     Tujuan Manajemen Peserta Didik di PAUD

Tujuan manajemen peserta didik adalah mengatur kegiatan-kegiatan peserta didik agar kegiatan-kegiatan tersebut menunjang proses belajar mengajar di sekolah, lebih lanjut proses belajar mengajar disekolah dapat berjalan lancer, tertip dan teratur sehingga dapat memberikan konstribusi bagi pencapaian tujuan sekolah dan tujuan Pendidikan serta keseluruhan (Daryanto,2010). Tujuan manajemen peserta didik yaitu:

1.      Meningkatkan pengatahuan, keterampilan dan psikomotor peserta didik.

2.      Menyalurkan dan mengembangkan kemampuan umum (kecerdasan), bakat dan minat peserta didik

3.      Menyalurkan aspirasi, harapan dan memenuhi kebutuhan peserta didik.

4.      Dengan terpenuhi 1,2, dan 3 di atas diharapkan peserta didik dapat mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan hidup yang lebih lanjut dan tercapai cita – cita.


 

C.     Proses Manajemen Peserta Didik

1.      Analisis peserta didik

Langkah pertama dalam kegiatan manajemen peserta didik adalah melakukan analisis kebutuhan yaitu penetapan siswa yang dibutuhkan oleh Lembaga Pendidikan  ( sekolah). Kegiatan yang dilakukan ini adalah :

a.    Merencanakan jumlah peserta didik yang akan diterima

b.    Menyususn program kegiatan kesiswaan

2.      Ruitmen peserta didik
rekruitmen peserta didik di sebuah lembanga Pendidikan (sekolah)pada hakikatnya adalah merupakan proses pencarian, menetukan dan menarik pelamar yang mampu untuk menjadi peserta didik di lembanga pendidikan (sekolah) yang bersangkutan
Langkah-langkah rekruitmen peserta didik sebagai berikut:

a.       pembentukan panitia penerimaan siswa baru

b.      pembuatan dan pemasangan pengumuman penerimaan peserta didik baru yang dilakukan secara terbuka.

3.      seleksi peserta didik

seleksi peserta didik adalah kegiatan pemilihan calon peserta didik untuk menentukan diteriman atau tidaknya calon peserta didik menjadi peserta didik di lembanga Pendidikan (sekolah) tersebut berdasarkan ketentuan yang berlaku.

D.    Manajemen Administrasi

Manajemen Administrasi adalah sebuah usaha dan kegiatan yang berhubungan dengan pengaturan kebijakan di dalam organisasi dengan tujuan agar sasaran organisasi dapat tercapai dengan baik.

Pengertian administrasi secara sempit adalah sebuah bentuk aktivitas yang meliputi catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan sederhana, pengetikan, dan dan kegiatan lain yang mempunyai sifat teknis ketatausahaan. Sedangkan definisi administrasi secara luas adalah semua yang berkaitan dengan proses kerja sama dari dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama dengan memanfaatkan semua sumber daya yang ada.

Administrative Management menurut George R. Terry adalah suatu perencanaan, pengendalian, pengorganisasian pekerjaan serta penggerakannya untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Di lain pihak, Millis Geoffrey menjelaskan bahwa manajemen administrasi adalah upaya membimbing personil kantor dalam hal penggunaan sarana dan prasarana yang ada untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Menurut para ahli manajemen administrasi adalah :

1.      W.H. Evans

Menurut W.H. Evans, Manajemen Administrasi adalah fungsi yang berhubungan dengan manajemen dan pengarahan semua tahap operasional perusahaan mengenai pengolahan bahan, keterangan, komunikasi, dan memori organisasi.

2.      Millis Geoffrey

Menurut Millis Geoffrey, definisi manajemen administrasi adalah seni membimbing personel kantor dalam mempergunakan sarana yang sesuai dengan lingkungan demi mencapai tujuan yang ditetapkan.

3.      George R. Terry

Menurut George R. Terry, Manajemen Administrasi adalah kegiatan perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan, serta penggerakan para pekerja agar mencapai goal yang telah ditentukan.

4.       Edwin Robinson dan William Leffingwell

Menurut Edwin Robinson dan William Leffingwell definisi Manajemen Administrasi adalah sebuah perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerja di perusahaan, serta penggerakan para pelaksana agar tujuan yang telah ditentukan dapat tercapai dengan baik.

5.      Prajudi Atmosudirjo      

Menurut Prajudi Atmosudirjo, Administrative Management adalah kombinasi antara corporate management (kantor sebagai kesatuan yang terdiri atas gedung, tanah, personil, dan perlengkapan) dan operation management (pekerjaan kantor).

6.      Suparjati dkk

Menurut Suparjati dkk, Manajemen Administrasi adalah sebuah proses kerjasama di dalam kantor agar tujuan-tujuan kantor yang telah ditetapkan sebelumnya dapat tercapai dengan melaksanakan fungsi-fungsi manajemen.


 

7.      Moekijat

Menurut Moekijat Administrative Management adalah penerapan fungsi-fungsi manajemen pada kantor, yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, serta pengawasan kantor agar tujuan kantor bisa tercapai dan para pegawai merasa puas.

8.      Rifhi Siddiq

Menurut Rifhi Siddiq, Manajemen Administrasi adalah sebuah metode yang dilaksanakan dengan memperhatikan fungsi-fungsi manajemen berkaitan dengan pekerjaan yang telah direncanakan sebelumnya.

9.      John Neuner dan Benjamin Haynes

Menurut John Neuner dan Benjamin Haynes, Manajemen Administrasi adalah manajemen dalam kantor mencakup bidang yang lebih sempit daripada yang umumnya di kandung oleh istilah “manajemen” untuk sebagian besar berkenaan dengan pengawasan.

10.  Arthur Grager

Definisi Manajemen Administrasi menurut Arthur Grager: “office management is the function of administering, the communication and record services of an organization.” Dalam bahasa Indonesia berarti “Manajemen administrasi adalah fungsi tata penyelenggaraan terhadap komunikasi dan pelayanan warkat dari suatu organisasi.

 

 

 

 

 


 

BAB III

PENUTUP

A.    Kesimpulan

Manajemen peserta didik  adalah suatu proses di mana pelaksnaan suatu tujuan  tertentu di selengarakan dan di awasi. Sedangakan peserta didik sendiri iyalah orang yang mempunyai suatu pilihan untuk menempuh ilmu sesui dengan cita cita.

B.       Saran

Sebagai pendidik kita harus mengerti mengenai manajemen peserta didk  serta tujuan dan proses  mengenai manajemen peserta didk  dan mampu megarahkan dengan baik sebagai manajemen peserta didik.

 


DAFTAR PUSTAKA

Daryanto, 2013. “Manajemen Pendidikan disekolah”.Yogyakarta : Gava Media

Darsono, Max, dkk. 2000, Belajar dan pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Lilik Nofijanti, dkk. 2008, Evaluasi Pendidikan Malang: UIN Maliki Press